Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah :
.................................
Kelas : VII...................... / .................
Mata
Pelajaran : Matematika
K.I. 1 (kompetensi Sikap Spiritual )
dan K.I. 2 ( Kompetensi sikap Sosial )
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual
yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”.
Rumusan Kompetensi Sikap Sosial
yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan
budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
K.I.
3.(Pengetahuan )
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
K.I. 4(Keterampilan).
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan
bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
|
3.1.1.Menjelas
kan urutan pada
bilangan bulat
3.1.2.
Menjelaskan
urutan pada
bilangan
pecahan
4.1.1
Menyelesaikan
urutan pada
bilangan bulat
4.1.2
Menyelesaikan
urutan pada
bilangan
pecahan
|
I. Bilangan
Bulat dan Pecahan
·
Bilangan Bulat dan Pecahan
·
Membandingkan bilangan bulat dan pecahan
·
Mengurutkan bilangan bulat dan pecahan
|
·
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan penggunaan bilangan bulat, Misal: zona pembagian waktu berdasarkan GMT
(Greenwich Meredian Time), hasil
pengukuran suhu dengan termometer, kedalaman di bawah permukaan laut,
ketinggian gedung, pohon atau daratan
·
Mencermati urutan bilangan, sifat-sifat operasi hitung
bilangan bulat, kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan serta penerapannya
·
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan penggunaan pecahan. Misal: pembagian potongan kue, potongan buah,
potongan gambar, potongan selembar kain/kertas, pembagian air dalam gelas,
dan sebagainya
|
Tugas
§ Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
§ Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah bilangan dan
pecahan dalam konteks sehari-hari
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa ingin tahu
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bilangan kemudian
disusun , didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan bilangan bulat dan pecahan
§ penjumlahan
§ pengurangan
§ perkalian
§ pembagian
|
Smt I
12 JP
|
Buku teks matematika
Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga operasi
bilangan
|
||
|
3.2.1
Menjelaskan
sifat komutatif
operasi hitung
yang
melibatkan
bilangan bulat
dan pecahan
3.2.2
Menjelaskan
sifat asosiatif
operasi hitung
yang
melibatkan
bilangan bulat
dan pecahan
3.2.3
Menjelaskan
sifat distributif
operasi hitung
yang
melibatkan
bilangan bulat
dan pecahan
3.2.4 Siswa
mampu
menentukan
KPK dari dua
bilangan atau
lebih
3.2.5
Menentukan
FPB dari dua
bilangan atau
lebih
4.2.1
Menyelesaikan
masalah yang
berkaitan dengan
sifat komutatif
operasi hitung
yang
melibatkan
bilangan bulat
dan pecahan
4.2.2
Menyelesaikan
masalah yang
berkaitan dengan
sifat Asosiatif
operasi hitung
yang
melibatkan
bilangan bulat
dan pecahan
4.2.3
Menyelesaikan
masalah yang
berkaitan dengan
sifat distributif
operasi hitung
yang
melibatkan
bilangan bulat
dan pecahan
4.2.4
Menyelesaikan
permasalahan
yang berkaitan
dengan KPK
dari dua
bilangan atau
lebih
4.2.5
Menyelesaikan
permasalahan
yang berkaitan
dengan FPB
dari dua
bilangan atau
lebih
|
·
Operasi dan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
· Mengubah
bentuk bilangan pecahan
· Kelipatan
persekutuan terkecil (KPK)
· Faktor
persekutuan terbesar (FPB)
·
)
|
· Mengumpulkan
informasi tentang KPK dan FPB serta dua teknik menemukannya (pohon faktor dan
pembagian bersusun)
· Mengumpulkan
informasi tentang bagaimana menyatakan bilangan dalam bentuk pangkat bulat
· Mengumpulkan
informasi tentang sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat,
perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dan pecahan
· Menyajikan
secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran tentang perbandingan bilangan
bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian
bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan
pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan rasional
* Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan
bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan,
dan bilangan rasional
|
|||||
|
3.3.1.Menyatakan suatu bilangan
dalam bentuk bilangan
berpangkat bulat
4.3.1.
Menyelesaikan
masalah yang
berkaitan dengan
bilangan dalam
bentuk bilangan
berpangkat bulat
positif dan negatif
|
· Menyatakan
bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif
|
· Mengumpulkan
informasi tentang bagaimana menyatakan bilangan dalam bentuk pangkat bulat
|
|||||
|
3.4.1.
Menyatakan
masalah sehari-
hari dalam
bentuk
himpunan dan
mendata
anggotanya;
3.4.2.
Menyebutkan
anggota dan
bukan anggota
himpunan;
3.4.3.
Menyajikan
himpunan
dengan
menyebutkan
anggotanya
3.4.4.
Menyajikan
himpunan
dengan
menuliskan sifat
yang dimilikinya
3.4.5.
Menyajikan
himpunan
dengan notasi
pembentuk
himpunan
3.4.6.
Menyatakan
himpunan
kosong
3.4.7.
Menyatakan
himpunan
semesta dari
suatu himpunan
3.4.8.
Menggambar
diagram Venn
dari suatu
himpunan
3.4.9. Membaca
diagram Venn
dari suatu
himpunan
3.5.1
Menjelaskan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
3.5.2 Melakukan
operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
4.4.1.
Menyelesaikan
masalah
kontekstual yang
berkaitan
dengan diagram
Venn
4.4.2.
Menyatakan
kardinalitas dari
suatu himpunan
4.4.3.
Menyebutkan
himpunan
bagian dari
suatu
himpunan
4.4.4. Menyatakan himpunan kuasa dari
suatu himpunan
4.4.5
Menyatakan
kesamaan dari
suatu himpunan
4.4.6.
Menyatakan
irisan dari dua
himpunan
4.4.7.
Menyelesaikan
masalah
kontekstual yang
berkaitan
dengan irisan
dua himpunan
4.4.8.
Menyatakan
gabungan dari
dua himpunan
4.4.9.
Menyelesaikan
masalah
kontekstual
yang berkaitan
dengan
gabungan dari
dua himpunan
4.4.10.
Menyatakan
komplemen dari
suatu himpunan
4.4.11.
Menyelesaikan
masalah
kontekstual yang
berkaitan
dengan
komplemen dari
suatu himpunan
4.4.12.
Menyatakan
selisih dari dua
himpunan
4.4.13.
Menyelesaikan
masalah
kontekstual yang
berkaitan
dengan selisih
dari dua
himpunan
4.4.14. Menyatakan sifat-sifat
dari operasi
himpunan
4.4.15.
Penggunaan
himpunan dalam
masalah
kontekstual
4.4.16.
Menyelesaikan
masalah sehari-
hari yang
berkaitan
dengan operasi
himpunan
4.5.1
Menyelesaikan
masalah
kontekstual yang
berkaitan
dengan
operasi
biner pada
himpunan
|
II. Himpunan
· Menyatakan
himpunan
· Diagram
Venn
· Himpunan
bagian, kosong, semesta
· Hubungan
antar himpunan
· Operasi
pada himpunan
· Komplemen
himpunan
· Operasi
biner pada himpunan
|
· Mengamati
penggunaan himpunan dalam kehidupan sehari-hari. Misal: kumpulan hewan,
tumbuhan, buah-buahan, kendaraan bermotor, alat tulis, suku-suku yang ada di
Indonesia.
· Mencermati
permasalahan yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta,
himpunan kosong, anggota himpunan, himpunan kuasa, kesamaan dua himpunan,
irisan antar himpunan, gabungan antar himpunan, komplemen himpunan, selisih,
dan sifat-sifat operasi himpunan
· Mengumpulkan
informasi mengenai sifat identitas, sifat komutatif, sifat asosiatif, dan
sifat distributif pada himpunan
· Menyajikan
hasil pembelajaran tentang himpunan dan sifat-sifat operasi himpunan
· Memecahkan
masalah yang terkait dengan himpunan dan sifat-sifatnya
|
Tugas
§ Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal
yang berkaitan dengan himpunan
§ Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi
seputar sejarah tokoh teori himpunan
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa ingin tahu
§ dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan himpunan
kemudian didskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan himpunan:
§ himpunan bagian
§ komplemen
§ operasi himpunan
diagram Venn
|
10 JP
|
Buku teks matematika
Kelas 7 Kemdikbud,
Benda di lingkungan.
|
||
3.6 Menjelaskan
bentuk aljabar dan unsur-unsurnya menggunakan masalah kontekstual
3.7 Menjelaskan
dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian)
4.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
4.7 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi pada bentuk aljabar k aljabar
|
3.6.1. Mengenal
bentuk
aljabar
3.6.2.
Mengidentifikas
i unsur-unsur
bentuk
aljabar
|
III. Bentuk
Aljabar
·
Menjelaskan koefesien, variabel, konstanta, dan suku
pada bentuk aljabar
|
·
Mencermati masalah sehari- hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep
bentuk aljabar
·
Mencermati bentuk aljabar dari berbagai model bentuk, penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar yang disajikan, cara menyederhanakan bentuk
aljabar
·
Menyajikan
hasil pembelajaran tentang bentuk aljabar, operasi hitung aljabar, dan
penyederhanaan bentuk aljabar
* Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
bentuk aljabar, operasi bentuk aljabar, serta penyederhanaan bentuk aljabar
|
Tugas
§ Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan bentuk aljabar
§ Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah seputar
aljabar
Observasi
§ Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak
penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan aljabar kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan aljabar
§ Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan operasi aljabar
|
17 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga aljabar
|
||
3.6.3.
Menyelesaikan
operasi
penjumlahan
dan
pengurangan
bentuk
aljabar
3.7.1.
Menyelesaikan
operasi
perkalian
bentuk
aljabar
3.7.5.
Menyelesaikan
operasi
pembagian
bentuk
aljabar
3.7.6.
Menyederhanaka
n bentuk aljabar
4.6.1.
Menyajikan permasalahan nyata dalam bentuk aljabar
4.6.2.
Menyelesaikan
bentuk
aljabar
dalam masalah
nyata
4.6.3.
Menyelesaikan
masalah
kontesktual
pada
operasi
bentuk
aljabar
4.7.1.
Menyelesaikan
masalah nyata
pada operasi
bentuk
aljabar
|
·
Bentuk
Aljabar
· Menjelaskan Koefesien, Variabel, Konstanta, dan Suku
pada Bentuk Aljabar
· Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar
· Perkalian dan Pembagian Bentuk Aljabar
· Penyederhanaan Bentuk Aljabar
|
|||||||
3.8 Menjelaskan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan
penyelesaiannya
4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel
|
3.8.1.
Menunjukan
variabel,
koefisien dan
konstanta pada
dalam
persamaan linear
satu variabel.
3.8.2.
Membedakan
persamaan dan
pertidaksamaan
linear satu
variabel.
3.6.3.
Menentukan
nilai variabel
dalam
persamaan linear
satu variabel.
3.8.4.
Menentukan
nilai variabel
dalam
pertidaksamaan
linear satu
variabel.
3.8.5.
Mengubah
masalah yang
berkaitan
dengan
persamaan dan
pertidaksamaan
linear satu
variabel menjadi
model
matematika.
4.8.1.
Menyelesaikan
masalah nyata
yang berkaitan
dengan
persamaan linear satu variabel
4.8.2.
Menyelesaikan
masalah nyata
yang berkaitan
dengan
pertidaksamaan
linear satu
variabel
|
IV. Persamaan
dan Pertidaksa-maan Linear satu Variabel
· Pernyataan
· Kalimat
terbuka
· Penyelesaian
persamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan linear satu variable
|
·
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan persamaan linear satu variabel. Misal: panas benda dengan ukuran
panjang, kecepatan dan jarak tempuh
·
Mengumpulkan informasi penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
melalui manipulasi aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang
·
Memecahkan masalah tentang persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable
|
Tugas
§ Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
§ Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar penggunaan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
Pengamatan selama KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa ingin tahu
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
kemudian disusun, didiskusikan
dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan lembar kerja berkaitan persamaan linear:
§ bentuk verbal/konteks dari PLSV/ PtLSV
§ kesetaraan PLSV/ PtLSV
§ solusi PLSV/ PtLSV
|
8 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan
|
||
3.9 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya
sama dan berbeda)
3.10 Menganalisis perbandingan senilai dan
berbalik nilai dengan menggunakan
tabel data, grafik, dan persamaan
4.9 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
3.9.1.
Membedakan
masalah yang
berkaitan
dengan
perbandingan
(rasio) dan yang
bukan.
3.9.2.
Menjelaskan
tarif, kelajuan,
kurs dari satuan
yang berbeda.
3.10.1
Menyimpulkan
perbandingan
senilai
3.10.2
Menyimpulkan
perbandingan
berbalik nilai
3.10.3 .
Menentukan
perbandingan
yang ekuivalen.
3.10.4. Menjelaskan perbandingan senilai (proporsi)
sebagai suatu pernyataan dari
dua
perbandingan
yang ekuivalen
5 : 2 = 10 : 4.
4.9.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio)
4.9.2.
Menyelesaikan
masalah yang
berkaitan
dengan yang
bukan
perbandingan
(ekuvalen).
4.10.1.
Membedakan
masalah
perbandingan
senilai dan
berbalik nilai
dengan
menggunakan
tabel, grafik dan
persamaan.
4.10.2.
Membedakan
masalah
perbandingan
senilai dan
berbalik nilai
dengan
menggunakan
tabel, grafik dan
persamaan.
4.10.3.
Menyelesaikan
masalah yang
berkaitan
dengan
perbandingan
(rasio).
4.10.4.
Menggunakan
berbagai macam
strategi
termasuk tabel
dan grafik untuk
menyelesaikan
masalah perban-
dingan senilai
dan berbalik
nilai.
|
V. Perbandingan
· Pengertian
dan jenis-jenis perbandingan
·
· Membandingan
dua besaran
· Membandingan
dua besaran
·
Perbandingan senilai
· Perbandingan
berbalik nilai
|
·
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan penggunaan konsep rasio atau perbandingan. Misal: peta, denah, maket,
foto, komposisi bahan makanan pada resep, campuran minuman, dan komposisi
obat pada resep obat
·
Mengumpulkan informasi tentang model matematika dari
konsep perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu besaran dengan
besaran lain berbentuk perbandingan senilai, perbandingan berbalik nilai
·
Mengumpulkan informasi mengenai strategi menyelesaikan
masalah nyata yang melibatkan konsep perbandingan
·
Menyajikan hasil pembelajaran perbandingan senilai dan
berbalik nilai
·
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan
senilai den berbalik nilai
|
Tugas
§ Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan
perbandingan
§ Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari seputar penggunaan perbandingan
dan skala dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
Pengamatan selama
KBM tentang:
§ ketelitian
§ rasa ingin tahu
§ dll.
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan perbandingan dan skala kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Tes
Mengerjakan lembar
kerja berkaitan perbandingan:
§ identifikasi hubungan fungsional seharga, berbalik nilai, linear dan non
linear
penerapan
perbandingan dalam matematika dan di luar matematika
|
Smt II
8 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
Peristiwa sehari-hari dan
lingkungan.
|
||
3.11 Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial
(penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal,
persentase, bruto, neto, tara)
4.11 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan,
pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto,
neto, tara)
|
3.11.1.
Mengenal
fenomena atau
aktivitas yang
terkait dengan
aritmetika sosial
(penjualan,
pembelian,
potongan,
keuntungan,
kerugian, bunga
tunggal,
persentase,
bruto, neto, tara)
3.11.2.
Mendapatkan
informasi yang
terkait dengan
aritmetika sosial
3.11.3
Menentukan
hubungan antara
penjualan,
pembeli-an,
untung, dan rugi
3.11.4.
Menentukan
bunga tunggal
dan pajak
4.11. 1.
Menentukan
hubungan
antara, bruto,
neto, dan tara
4.11.2
Memecahkan
masalah terkait
dengan
artimetika sosial
baik melalui
tanya jawab,
diskusi, atau,
presentasi
|
VI. Aritmetika
Sosial
· Harga
penjualan dan pembelian
· Keuntungan,
kerugian, dan impas
· Persentase
untung dan rugi
· Diskon
· Pajak
· Bruto,
tara, dan netto
· Bunga
tunggal
|
·
Mencermati kegiatan-kegiatan sehari-hari berkaitan
dengan transaksi jual beli, kondisi untung, rugi, dan impas
·
Mencermati cara menentukan diskon dan pajak dari suatu
barang
·
Mengamati konteks dalam kehidupan di sekitar yang terkait
dengan bruto, neto, dan tara
·
Mengumpulkan informasi tentang cara melakukan
manipulasi aljabar terhadap permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
artimetika sosial
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang aritmetika sosial
·
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan artimetika
sosial
|
Tugas
§ Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan
aritmatika sosial sederhana
§ Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah seputar
perdagangan
Observasi
§ Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak
penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan aritmatika sosial
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan konsep aljabar yang diterapkan
dalam masalah aritmatika social sederhana
§
Menilai keterampilan menyelesaikan suatu permasalahan yang melibatkan
konsep aljabar
|
6 JP
|
Buku teks matematika
Kelas 7 Kemdikbud, Peristiwa sehari-hari, lingkungan.
Uang mainan, barang
di sekolah
|
||
3.12 Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis
sejajar yang dipotong oleh garis transversal
4.12 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh
garis transversal
|
3.10.1.
Menjelas-kan
hubungan antar
garis
3.10.2
Menjelaskan
kedudukan dua
garis (sejajar,
berhimpit,
berpotongan)
melalui benda
kongkrit
3.10.3 Membagi
garis menjadi
beberapa bagian
sama panjang
3. 10.4
Mengukur besar
sudut dengan
busur derajat
3.10.5.
Menjelaskan
perbedaan jenis
sudut (siku,
lancip, tumpul)
3.10.6 Melukis
sudut yang
besarnya sama dengan yang diketahui
3.10.7 Membagi sudut
menjadi dua
sama besar
3.10.8
Menentukan
sudut berpelurus
dan berpenyiku
3.10.9
Menemukan
sifat sudut jika
dua garis sejajar
dipotong garis
transversal
4.10.1.
Menggunakan
sifat-sifat sudut
dan garis untuk
menyekesaikan
soal
4.10.2
Menyelesaikan
soal sehari-hari
dengan
menggunakan
sifat-sifat sudut
yang terjadi jika
dua garis sejajar
dipo-tong oleh
garis lain
|
VII.Garis dan
Sudut
· Garis
· Kedudukan
garis
· Membagi
garis
· Perbandingan
ruas garis
· Pengertian
sudut
· Jenis-jenis
sudut
· Hubungan
antar sudut
· Melukis
dan sudut
|
·
Mencermati model gambar atau objek yang menyatakan
titik, garis, bidang, atau sudut
·
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan
dengan penerapan
·
Mencermati kedudukan dua garis, jenis-jenis sudut, hubungan antar sudut
·
Mencermati sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis
yang dipotong oleh garis transversal
·
Mencermati cara melukis dan membagi sudut menggunakan
jangka
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang garis dan sudut
·
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan garis dan
sudut
|
Tugas
§ Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan
koordinat Cartesius
§ Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar penerapan
Cartesius dalam kehidupan sehari-hari
Observasi
§ Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak
penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan koordinat cartesius
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan lokasi benda pada bidang
Cartesius
§ Menilai keterampilan memecahkan permasalahan yang melibatkan bidang
Cartesius
|
8 JP
|
Buku teks matematika
Kelas 7 Kemdikbud
, Peristiwa
sehari-hari, lingkungan.
di sekolah baik dalam kelas maupun di luar
kelas
|
||
3.13 Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk
berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
4.13 Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
|
3.13.1.
Mengenal dan
mengidentifikasi
bangun datar
segiempat dan
segitiga
3.13.2.
Menjelaskan
jenis dan
sifat
persegi,
persegi
panjang,
trapezium,
jajargenjang,
belahketupat
dan
layang-layang
menurut
sifatnya.
3.13.3.
Menjelaskan
sifat-sifat
persegi
panjang,
persegi,
trapesium,
jajargenjang,
belahketupat
dan
layang-layang
ditinjau dari
sisi,
sudut dan
diagonalnya.
3.13.4.
Menjelaskan
jenis-jenis
segitiga
berdasarkan
sisi
dan sudutnya
3.13.5.
Menemukan
jenis
segitiga
berdasarkan
sifat-sifatnya
3.13.6.Menjelas
kan garis-garis
istimewa pada
segitiga
3.13.6.
Menjelaskan
keliling dan
luas
persegi, persegi
panjang,
trapesium,
jajargenjang,
belahketupat
dan
layang-layang
4.13.1.
Menyelesaikan
masalah terkait
dengan keliling
dan luas
persegi,
persegi
panjang,
trapesium,
jajargenjang,
4.13.2. .
Menyelesaikan
masalah terkait
dengan keliling
dan luas
segitiga
4.13.3.
Menyelesaikan
masalah dalam
kehidupan
sehari-hari
dengan
menggunakan
sifat-sifat
segiempat dan
segitiga.
4.13.4.
Menerap kan
konsep
keliling
dan luas
segiempat dan
segitiga
untuk
menyelesaikan
masalah
4.13.5 .
Menyelesaikan
soal
penerapan
bangun datar
segi empat
4.11.6. .
Menaksir Luas
Bangun Datar
tidak
Beraturan
|
VIII. Bangun
Datar (Segiempat dan segitiga)
· Bangun Datar
(Segi Empat dan Segitiga )
· Pengertian
segi empat dan segitiga
· Jenis-jenis
dan sifat-sifat bangun datar
· Keliling
dan luas segi empat dan segitiga
· Menaksir
luas bangun datar yang tak beraturan
|
·
Mencermati benda di lingkungan sekitar berkaitan dengan bentuk segitiga dan segiempat
·
Mengumpulkan informasi tentang unsur-unsur
pada segiempat dan segitiga
·
Mengumpulkan informasi tentang jenis, sifat
dan karakteristik segitiga dan segiempat berdasarkan ukuran dan hubungan
antar sudut dan sisi-sisi
·
Mengumpulkan informasi tentang rumus keliling
dan luas segiempat dan segitiga melalui pengamatan atau eksperimen
·
Mengumpulkan informasi tentang cara menaksir
luas bangun datar tidak beraturan menggunakan pendekatan luas segitiga dan
segiempat
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang segiempat dan segitiga
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
segiempat dan segitiga
|
Tugas
§ Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan
segiempat dan segitiga
§ Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi sejarah segitiga dan
mencari informasi seputar macam-macam segiempat
Observasi
§ Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak
penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan segiempat dan segitiga
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan segitiga dan segiempat
§ Menilai keterampilan memecahkan permasalahan keseharian yang melibatkan
segitiga dan segiempat
|
12 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud, lingkungan.
Alat peraga segiempat dan segitiga
|
||
3.14 Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel,
diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)
4.14 Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis,
diagram batang, dan diagram lingkaran
|
3.14 .1.
Mengenal data
dalam kehi-
dupan sehari-
hari
3.14 .2.
Menjelaskan
cara
mengumpulkan
data
3.14 .3.
Menjelakan
pengolahan
data
3.14 .4.
Menjelaskan
cara menyajikan
data dalam
bentuk diagram
batang
4.14.1 Menyajikan
data dalam bentuk diagram garis
4.14.2 .
Menyajikan data
dalam bentuk
diagram
lingkaran
.4.14.3
Membaca
diagram batang,
diagram garis
dan diagram
lingkaran
4.14.4 .
Menafsirkan
diagram batang,
diagram garis
dan diagram
lingkaran
|
IX. Penyajian Data:
·
Penyajian Data:
· Jenis data
· Tabel
· Diagram garis
· Diagram batang
Diagram lingkaran
|
·
Mencermati penyajian data tentang
informasi di sekitar yang disajikan dengan tabel, ataupun diagram dari
berbagai sumber media. Misal: koran, majalah, dan televisi
·
Mencermati cara penyajian data dalam bentuk
tabel, diagram garis, diagram
batang, dan diagram lingkaran
·
Mengumpulkan informasi tentang jenis data yang
sesuai untuk disajikan dalam bentuk bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
·
Mengumpulkan informasi tentang
cara menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang penyajian
data
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, dan lingkaran
|
Tugas
§ Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal berkaitan dengan data
§ Tugas mandiri tidak terstruktur: melakukan survei suatu data
Observasi
§ Mengamati ketelitian, rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak
penjelasan atau presentasi siswa
Portofolio
Mengumpulkan bahan
dan literatur berkaitan dengan statistika terutama penyajian dan pengolahan
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Tes
§ Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan pengolahan data, penyajian
data.
§ Menilai keterampilan memecahkan masalah yang melibatkan penyajian data
|
6 JP
|
Buku teks matematika Kelas 7 Kemdikbud,
Data sehari-hari, lingkungan.
Data faktual
|
Bandar
Lampung, ................................2016
Mengetahui
Guru Mata
Pelajaran
Kepala Sekolah,
................................
................................ NIP......................................................
NIP
Sumber Bahan
bacaan (pustaka)
1. Permendikbud No. 20 tahun 2016
2. Permendikbud No. 21 tahun 2016
3. Permendikbud No. 22 tahun 2016
4. Permendikbud No. 23 tahun 2016
5. Permendikbud No. 24 tahun 2016
6. Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir,
Erik Valentino, Zainul ,Imron, Ibnu Taufiq,
2016. Buku Guru Matematika
kelas VII .
Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
7. Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir,
Erik Valentino, Zainul ,Imron, Ibnu Taufiq,
2016. Buku Siswa
Matematika kelas VII .
Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
Silabus Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs. 20
Tidak ada komentar:
Posting Komentar