FORMAT PROGRAM PENGAYAAN
Mata
Pelajaran : ...................... Semester : ............
Kelas :
…..
Tahun
Pelajaran : …………..
Kriteria
Ketuntasan Minimum (KKM) = ………….Hari/tanggal pelaksanaan : .......................
Standar
Kompetensi :
...................................................................................................................
...................................................................................................................
Kompetensi Dasar
:........................................................................................................................
........................................................................................................................
Uraian
Materi :
........................................................................................................................
..........................................................................................................................
Materi soal yang belum
tuntas klasikal nomor :
....................................................................................
Strategi
Pelaksanaan Pengayaan :
........................................................................................................................
.....................................................................................................................
Nama siswa
yang mengikuti Program Pengayaan ( siswa yang sudah tuntas) :
........................................................................................................................
.....................................................................................................................
........................................................................................................................
.....................................................................................................................
........................................................................................................................
Lampiran
Soal Pngayaan:
........................................................................................................................
.....................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
Mengetahui Bandar lampung,
................
Kepala SMP/MTs ......................... Guru mata pelajaran
............................................. ..............................................
NIP. ……………………….. NIP. …………………………….
CONTOH PROGRAM PENGAYAAN
Mata
Pelajaran : Matematika Semester : Ganjil
Kelas : VII A
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Kriteria
Ketuntasan Minimum (KKM) = 70 Hari/tanggal
pelaksanaan :
...................
Standar
Kompetensi : Aljabar
3. Menggunakan
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan
perbandingan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
3.3
Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial
yang sederhana
Uraian
Materi : Aritmatika Sosial
Materi soal yang belum
tuntas klasikal nomor : ...............
Strategi
Pelaksanaan Pengayaan :
1. Pembahasan ulang secara klasikal untuk soal yang belum tuntas (di bawah KKM)
2. Siswa yang
sudah tuntas diberdayakan dalam pelaksanaan tutor sebaya untuk membantu
membina temannya yang belum tuntas
3. Pada saat
siswa yang belum tuntas mengikuti tes perbaikan, siswa yang tuntas
menyelesaikan soal yang tingkat
kesulitannya lebih tinggi secara kelompok yang terdiri
atas 3 siswa setiap kelompoknya.
Nama siswa yang mengikuti Program Pengayaan :
Jumlah = .... siswa
........................................................................................................................
.....................................................................................................................
........................................................................................................................
.....................................................................................................................
Lampiran Soal
Pngayaan:
1.
Sebuah toko memberi diskon sebesar 25 % untuk semua jenis barang yang dijualnya. Toko tersebut telah mendapat untung 20 %
jika dagangannya laku terjual . Ada 4 jenis barang masing-masing
tertulis harga pada label Rp.500.000,00 ; Rp. 300.000,00 ; Rp150.000,00 dan
Rp.50.000,00. Apabila 4 jenis barang tersebut laku terjual masing-masing 1 kodi, berapa modal yang
diperlukan untuk membeli barang tersebut
?
2.
Sebuah toko memberi diskon sebesar 40
% kepada pembeli untuk barang
jenis A dan jenis B. Modal barang jenis A : barang jenis B = 2 : 3. Toko tersebut
akan mendapat untung 20 %
jika barang tersebut laku terjual
. Apabila barang jenis A pada label tertulis harga jual Rp.800.000,00.
Berapakah modal untuk barang jenis B dan berapa harga yang tertulis pada label?
Solusi :
1 Jumlah
harga jual pada label = 20 (500.000 + 300.000 + 150.000 + 50.000)
= Rp 20.000.000,00
Harga jual sesungguhnya = 100%-25% x 20.000.000
100%
= Rp 15.000.000,00
Modal = . 100%
. x 15.000.000
100% + 20 %
=
Rp 12.500.000,00
2 Harga
jual sesungguhnya barang jenis A = 100% - 40 % x 800.000
100 %
= Rp 480.000,00
Modal barang jenis A = .
100 % . x 480.000
100% + 20 %
= Rp.400.000,00
Modal barang jenis B = 3/2 x 400.000
= Rp.600.000,00
Harga jual sesungguhnya barang jenis B = 100 % + 20 % x 600.000
100 %
= Rp 720.000,00
Harga yang tertulis pada label untuk jenis B = .
100% x 720.000
100% - 40%
= Rp 1.200.000,00
Mengetahui Bandar lampung,
................
Kepala SMP/MTs ......................... Guru mata pelajaran
............................................. ..............................................
NIP. ……………………….. NIP. …………………………….
CONTOH
PELAKSANAAN PROGRAM PENGAYAAN
Mata
Pelajaran : Matematika Semester : Ganjil
Kelas : VII A
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Kriteria
Ketuntasan Minimum (KKM) = 70 Hari/tanggal
pelaksanaan : Senin,
1-9-2014
Standar
Kompetensi : Aljabar
3.
Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
3.3
Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial
yang sederhana
Uraian
Materi : Aritmatika Sosial
Materi soal yang belum
tuntas klasikal nomor : 2, 5, 7
2. Seorang pedagang buah-buahan menmbeli
2 kuintal
mangga , ia mendapat
laba sebesar Rp. 300.000,00
. Dari penjualan tersebut ia memperoleh
uang
Rp.2.300.000,00.
Berapakah harga pembelian setiap kg
mangga tersebut?
5. Seorang pedagang buah-buahan membeli
30 peti buah
apel dengan harga
Rp.300.000,00 setiap petinya. Setiap peti berisi 20 kg
apel. Kemudian apel
tersebut dijual eceran dengan
harga Rp.16.000,00
setiap kg. Untung atau rugikah
Pedagang tersebut dan berapa
persen keuntungan atau kerugiannya ?
7. Pak Dedi seorang pedagang
buah-buahan membeli 10 peti buah duku dengan
harga Rp.150.000,00 setiap petinya. Karena hujan deras sebagian dukunya
membusuk. Kemudian duku yang tidak busuk dijual
seluruhnya, ternyata ia
menderita kerugian 10 %
Berapakah uang yang diperoleh Pak Dedi setelah menjual seluruh dukunya ?
Penyelesaian
2. Harga pembelian 1 kg = (2.300.000 – 300.000) : 200
= 2.000.000 : 200
= Rp.10.000,00
5. Harga pembelian = Rp.300.000,00 x 30
=
Rp.9.000.000,00
Harga penjualan = ( 30 x 20 ) x Rp.16.000,00
Harga penjualan = 600 x Rp.16.000,00
Harga penjualan = Rp.9.600.000,00
Karena harga penjualan lebih besar dari harga
pembelian maka pedagang
memperoleh keuntungan .
Untung = Rp.9.600.000,00 -
Rp.9000.000,00
= Rp.600.000,00
Persentase keuntungan = (Rp.600.000,00: Rp.9.000.000,00 ) x 100 %
= 15 %
7. Harga pembelian = 10 x Rp.150.000,00
Harga pembelian = Rp.1.500.000,00
Kerugian = 10 % x Rp.1.500.000,00
Kerugian = Rp.150.000,00
Harga penjualan = Rp 1.500.000,00
- Rp 150.000,00
Harga penjualan = Rp 1.350.000,00
Strategi
Pelaksanaan Pengayaan :
1. Pembahasan ulang secara klasikal untuk soal yang belum tuntas (di bawah KKM)
2. Siswa yang
sudah tuntas diberdayakan dalam pelaksanaan tutor sebaya untuk membantu
membina temannya yang belum tuntas
3. Pada saat
siswa yang belum tuntas mengikuti tes perbaikan, siswa yang tuntas
menyelesaikan
soal yang tingkat kesulitannya lebih tinggi
secara kelompok yang terdiri atas 3
siswa setiap
kelompoknya.
Nama siswa yang mengikuti Program Pengayaan :
Jumlah = 15 siswa
(1) Ali, (2) Amir,
(3) Badu, (4) Iwan, (5) Maimunah, (6),
Gatot, (7)Marni, (8) Ahmad, (9)Endang,
(10), Mirna, (11) Nini , (12)
Narto, (13) Suryati, (14) Darmi, (15) Jasmin
Lampiran
Soal Pngayaan:
1.
Sebuah toko memberi diskon sebesar 25 % untuk semua jenis barang yang dijualnya. Toko
tersebut telah mendapat untung 20 %
jika dagangannya laku terjual . Ada 4 jenis barang
masing-masing tertulis harga pada label Rp.500.000,00 ; Rp.
300.000,00 ; Rp150.000,00
dan Rp.50.000,00. Apabila 4 jenis barang tersebut laku terjual masing-masing 1 kodi,
berapa modal yang diperlukan untuk
membeli barang tersebut ?
55. Sebuah toko memberi diskon sebesar 40 % kepada pembeli untuk barang
jenis a dan jenis
B. Modal barang jenis
a : barang jenis B = 2 : 3. Toko tersebut akan
mendapat untung 20 %
jika barang tersebut laku terjual
. Apabila barang jenis A pada label tertulis harga jual Rp.
800.000,00. Berapakah modal
untuk barang jenis B dan berapa harga yang tertulis pada
label?
Solusi :
1 Jumlah
harga jual pada label = 20 (500.000 + 300.000 + 150.000 + 50.000)
= Rp 20.000.000,00
Harga jual sesungguhnya = 100%-25% x 20.000.000
100%
= Rp 15.000.000,00
Modal = . 100%
. x 15.000.000
100% + 20 %
=
Rp 12.500.000,00
2 Harga
jual sesungguhnya barang jenis A = 100% - 40 % x 800.000
100 %
= Rp 480.000,00
Modal barang jenis A = .
100 % . x 480.000
100% + 20 %
=
Rp.400.000,00
Modal barang jenis B = 3/2 x 400.000
= Rp.600.000,00
Harga jual sesungguhnya barang jenis B = 100 % + 20 % x 600.000
100 %
= Rp 720.000,00
Harga yang tertulis pada label untuk jenis B = .
100% x 720.000
100% - 40%
= Rp 1.200.000,00
Mengetahui Bandar lampung,
................
Kepala SMP/MTs ......................... Guru mata pelajaran
............................................. ..............................................
NIP. ……………………….. NIP. …………………………….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar